Pages

Sabtu, 08 Oktober 2011

CONSTRUKTOR (JAVA)

Constructor adalah sebuah method khus yang digunakan dalam kelas untuk membuat dan menginisialisasi sebuah objek baru. Contruktor berfunsi untuk menginisialisasi nilai terjadap data yang terdapat pada kelas yang berhubungan. Ketentuan consttuktor untuk melakukan inisialisasi:
1.      Constructor hasus bernama sama dengan nama kelas.
2.      Contruktor tidak memverivikasikan tipe data yang dikirim.
3.      Kelas dapat berisi banyak constructor overloading yang meumngkikan objek diinisialisasi.
Contoh constructor untuk menghitutung luas persegi dengan nama file demohitung.java

Class konstruktor{
            int panjang;
            int lebar;
                        konstruktor() {
                        panjang = 10
                        lebar = 4
                                    }
            Int luas() {
                        return(panjang*lebar);
            }
}
Class demohitung{
            Public static void main(string[]args)
                        Konstruktor k1,k2;
                        k1 = new konstruktor();
                        k2 = new konstruktor();
system.out.println(“luas persegi panjang k1 : “+1.Luas());
system.out.println(“luas persegi panjang k2 : “+k2());
            }
}

Pada program tersebut, anda menetukan nilai panjang 10 dan nilai lebar 4. Ketentuan nilai ini kan berlaku untuk setiap pembentukan objek konstruktor.

Hasil program:
Luas persegi panjang k1 = 40
Luas persegi panjang k2 = 40

Untuk membuat constructor bersifat dinamis, anda dapat memberikan parameter ke dalam constructor seperti program berikut dengan nama file demoluas2.java

Class konstruktor{
            int panjang;
            int lebar;
            Konstruktor(int p,int l) {
                        Panjang = p;
                        Lebar   = l;
            }
            int luas() {
                        return(panjang*lebar);
            }
}
Class demoluas2{
            Public static void main (string[] args){
                        Konstruktor k1, k2;
                        k1 = new konstruktor (4,10);
                        k2 = new konstruktor (2,8);
system.out.println(“luas persegi panjang k1 : “+1.Luas());
system.out.println(“luas persegi panjang k2 : “+k2());
            }
}
Hasil program:
Luas persegi panjang k1 = 40
Luas persegi panjang   k2 = 16

0 komentar:

Posting Komentar